Tuesday, October 12, 2010

Membuat Playlist di Mp3 Player Samsung YP-U3


Udah lama saya menggunakan mp3 Samsung YP-U3 tapi belum pernah menggunakan playlist untuk memutar lagu.. biasanya kalau mau mendengar satu list lagu,  saya masukin semuanya kedalam satu folder. Jadi nantinya di folder tersebut terdapat beberapa artist yang berbeda. Kalau pake cara ini lagu-lagu yang ada didalam mp3 player jadi berantakan karena tidak di sorting sesuai artist dan albumnya. Jadi satu-satunya cara supaya nga berantakan harus pake playlist. Karena tidak bisa membuat playlist menggunakan Windows Media Player jadi harus menginstall program bawaan untuk mp3 playernya, namanya EMODIO. Waktu pingin download saya lihat ukurannya besar, sekitar 50mb. Jadi males juga selain file size nya yang lumayan besar, harus install program tambahan lagi. Jadi nya menuh-menuhin program di komputer aja.

Satu-satunya cara ya dengan membuat playlist secara manual. Cukup menggunakan Notepad saja. Tapi cara ini tidak di rekomendasikan jika ingin membuat playlist dengan banyak lagu, karena manual jadi cape harus ketik/copas satu-satu lokasi dari lagu tadi.

Oke, langsung aja de, caranya:
1. Pertama-tama pindahin dulu lagu-lagu anda ke mp3. Kalau mau rapi di sort aja berdasarkan artist - album.
Contoh pengorganisasian folder di mp3 saya

2. Kalau sudah selesai, sekarang buka notepad dan masukan text berikut:
SPL PLAYLIST
VERSION .00

\link\ke\file\lagu.mp3
\music\abc.mp3

END PLAYLIST
Jika sudah, save as. Masukan filename yang anda mau dan beri extensi ".spl" di belakangnya. Kemudian untuk Save as type pilih "All Files (*.*)". Dan yang terkahir jangan lupa pilih "Unicode" sebagai encoding.
Note: ubah "\link\ke\file\lagu.mp3" dan "\music\abc.mp3" sesuai dengan lokasi lagu anda.

3. Jika sudah di save pindahkan file playlist.spl yang baru saja anda buat tadi ke dalam folder "playlist" yang ada di mp3 anda.

Contoh file playlist saya (SCANDAL.spl):
SPL PLAYLIST
VERSION 1.00

\Music\SCANDAL\TEMPTATION BOX\02 Taiyou to Kimi ga Egaku STORY.mp3
\Music\SCANDAL\TEMPTATION BOX\05 Namida no Regret.mp3
\Music\SCANDAL\TEMPTATION BOX\09 Playboy Part II.mp3
\Music\SCANDAL\TEMPTATION BOX\11 Aitai.mp3
\Music\SCANDAL\TEMPTATION BOX\03 Shunkan Sentimental.mp3
\Music\SCANDAL\Yume miru Tsubasa\01 Yume miru Tsubasa.mp3

END PLAYLIST

Cara diatas mungkin juga bisa digunakan di mp3 samsung lain-nya yang menggunakan playlist dengan extensi .spl. Silakan di coba :D

No comments:

Post a Comment